Peran & Pentingnya Business Process Reengineering (BPR) Pada Suatu Perusaahan Restaurant

Dalam persaingan bisnis yang kini sudah semakin hari semakin ketat tentunya menuntut setiap perusahaan untuk terus meningkatkan penjualan hasil produknya agar mencapai profit yang ditargetkan. Meningkatkan penjualan harus didukung dengan meningkatkan atau menciptakan nilai lebih dari perusahaan tersebut. Dengan kata lain, suatu perusaahan wajib menciptakan image baik pribadi nya di hati para konsumennya.

 

Dalam pembangunan nilai ini, agar tidak kalah dari kompetitor, suatu perusahaan dituntut untuk agar terus selalu menciptakan inovasi-inovasi yang continue. Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang baik, meminimalisasi biaya oprasional, mengolah sistem informasi, serta meningkatkan kualitas produk agar tidak kalah dari kompetitor.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu untuk mengerti bagaimana caranya menguasai pasar lewat nilai inovasi, pengolahan sistem informasi yang baik, dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

 

Tidak hanya pada perusahann IT atau perusahaan  yang bergerak di bidang industri besar yang wajib mengaplikasikan BPR, Restoranpun juga harus demikian. Di era yang saat ini menuntut kerja cepat namun menuntut juga biaya ringan, BPR sangatlah menjadi peran utama yang cukup memberikan kontribusi yang tinggi pada perusahaan.

 

contohnya D’Cost restaurant. Seperti yang kita tahu D’Cost adalah salah satu restaurant yang kini menjadi salah satu restaurant terlaris di Indonesia. Bukan hanya karena memang masakannya yang lezat tapi D’cost pun mematok harga yang cukup murah untuk kalangan kelas menengah. Dengan demikian D’cost pun kini selalu dibanjiri oleh pengunjung, nyaris tidak pernah sepi setiap restoran d’cost. Coba anda bayangkan bagaimana jika restoran sehebat itu menggunakan cara manual untuk proses pencatatan order dan billing ? tentunya akan sangat lama dan susah bukan?

 

Disinilah BPR berperan. Management D’cost membuat suatu aplikasi yang di install di alat elektronik yang berguna untuk digunakan saat pencatatan order dan proses pembayaran. seluruh waiters di restoran d’cost dilengkapi dengan iPhone/PDA yang sudah dimuat dengan databse menu. Jadi ketika pelanggan memesan makanan/minuman, waiters tinggal mencatatnya di gadget tersebut dengan mudah, dan setelah pesanan selesai di catat, dengan hanya sekian detik pesanan itu langsung tercetak di 3 printer. Satu di dapur untuk langsung diproses pembuatan makanannya, satu di bar untuk langsung dibuat pesanan minumannya, dan satu lagi untuk diberikan kepada pelanggan sebagai bukti struk pemesanan. Dengan begini proses bisnis akan menjadi lebih mudah, cepat, efektif, dan efisien. Dan BPR model seperti ini tentunya cukup memotong biaya oprasional seperti kertas, karyawan, dan yang paling penting memudahkan waiters dalam melayani pelanggan, sehingga tidak kewalahan.dalam bekerja.

Gambar

PDA yang selalu dibawa oleh waiters d’cost restaurant

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: