Watsons 5 Forces & 3 Generic Strategies Analyse

06 PBY

Muhammad Kautsar 1401135913

Kenichi Kusa 1401127911

WatsonsGambar

Watson Pharmaceuticals Inc, didirikan pada tahun 1983, Watsons bergerak  pada usaha retail yang terkonsentrasi pada bidang yang menyajikan obat-obatan grosir dan ecer, peralatan rumah sakit, kebutuhan klinik, kecantikan, dan ditambah food&beverages sebagai pelengkap. Salah satu kelebihan dari Watsons adalah terdapatnya seorang pharmacist yang sedia berjaga di setiap store untuk melayani kebutuhan dari para customernya. Sehingga pelayanan menjadi lebih maksimal terasa. Customer dengan bebas bertanya atau konsultasi apapun seputar kebutuhannya kepada pharmacist. Saat ini  gerai Watsons  di Asia mencapai dengan lebih dari 2.600 toko yang beroperasi di 11 negara pangsa pasar Asia termasuk China (Mainland, Hong Kong, Taiwan, Macau), Singapore, Thailand, Malaysia, Philippines, Korea, Indonesia, dan Turkey.

 

 5 Forces analyse

(Ancaman Produk Pengganti)Difrensiasi Produk Substansial

Ketika produk dan pelayanan benar-benar berbeda,  customer cenderung akan mencari produk dan pelayanan yang akan memenuhi kebutuhan mereka. Ini positif untuk Watsons, kenapa? Karena di Watsons menyediakan seluruh perlengkapan mulai dari perlengkapan kecantikan, kesehatan, hingga snack & beverages dengan pelayanan yang sangat baik. Ada apoteker dan seorang ahli obat-obatan yang siap melayani kebutuhan anda.

 

(Ancaman Pendatang Baru)

Kebutuhan Modal yang Tinggi

Kebutuhan modal yang tinggi berarti bahwa para pendatang baru butuh mengeluarkan banyak uang untuk dapat bersaing dengan Watson. Ini positif untuk Watsons yang sudah mengusai pasar dan berpengalaman dari sejak tahun 80an.

 

Industri memerlukan Skala Ekonomi

Skala ekonomi membantu produser  untuk merendahkan biaya dengan memproduksi unit selanjutnya dengan biaya yang rendah. Ketikan pendatang baru memasuki pasar, mereka akan terbebani dengan biaya produksi yang lebih tinggi karena mereka memiliki skala ekonomi yang lebih kecil. Skala ekonomi berefek positif pada Watsons.

 

Customer loyal dengan brand yang sudah berpengalaman

Membutuhkan waktu dan uang yang banyak untuk dapat membangun sebuah brand. Ketika suatu perusahaan membutuhkan banyak tenaga dan sumber daya untuk membangun sebuah brand, mereka hanya membutuhkan sedikit untuk dapat berkompetisi di marketplace.

 

Banyaknya Penghalang yang Masuk

Ketika penghalang dan penghambat mencapai tingkat yang tinggi, itu akan membuat para pesaing baru untuk memasuki pasar. Tingginya tingkat penghalang yang masuk, mengakibatkan kan profit yang baik bagi Watsons.

 

(Intensitas persaingan yang ada) Industri Besar

Industri besar memungkinkan banyak perusahaan lain dapat menjalin kerjasama, dan meraih kesuksesan tanpa harus mencuri pangsa pasar satu sama lain. Industri yang besar positif untuk Watsons.

 

 (Kekuatan tawar menawar customer)  Banyaknya Jumlah Customer

Ketika terdapat jumlah customer yang banyak , tidak akan ada proses tawar menawar yang lancar dilakukan oleh customer. Karena harga yang menyeluruh dan serentak sama di seluruh gerai Watson membuat customer tidak bisa melakukan tawar menawar. Batasan untuk tawar menawar ini menguntungkan Watsons.

 

Sensitivas Rendahnya Harga Beli

Ketika customer  kurang sensitive terhadap harga , harga dapat naik secara tiba-tiba tetapi customer tetap juga membeli produk itu. Penawaran inelastic ini secara positif menguntungkan Watson.

 

(Kekuatan tawar menawar pemasok) Tingginya Kompetisi Pada Pemasok

Tingginya tingkat kompetisi oleh para pemasok dapat mengakibatkan penekanan harga bagi produser. ini diakibatkan karena banyak pemasok yang ingin menaruh produknya di Watson. Persaingan ini memaksa pemasok menekan harga agar dapat bersaing dengan produk lain. Ini positif untuk Watson.

 

3 Generic Strategies Porter

Cost Leadership

 Seperti yang kita tau dalam Cost Leadership mengandalkan strategi produksi dengan biaya yang rendah yang nantinya berujung dengan penjualan dengan harga yang rendah pula. Target pasar dari Watsons adalah semua kalangan masyarakat terutama customer dengan price sensitive, sehingga target penjualannya adalah khusus untuk orang-orang yang tidak terlalu memperdulikan kualitas produk atau merek melainkan dari harga. Sehingga harga yang ditetapkan dapat menjadi harga patokan. Jika suatu perusahaan sudah menguasai harga pasar maka tentunya ia akan mampu untuk memimpin harga di pasaran dan menentukan harga. Pada case ini Watsons menujukan target pembeli yang sensitive terhadap harga, sehingga pergeseran harga sedikit saja mampu mempengaruhi keputusan. Selain itu pada strategi ini Watsons dapat memanfaatkan skala ekonomi. Skala ekonomi membantu produser  untuk merendahkan biaya dengan memproduksi unit selanjutnya dengan biaya yang rendah. Ketikan pendatang baru memasuki pasar, mereka akan terbebani dengan biaya produksi yang lebih tinggi karena mereka memiliki skala ekonomi yang lebih kecil.

 

Focus

Selain Cost Leadership Watsons juga mengadopsi Strategi focus didalam proses bisnisnya, yang lebih memprioritaskan kepada “Services Customer”, strategi ini sangat berguna untuk perusahaan menengah keatas untuk meningkatkan penjualan perusahaan, biasanya perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok pasar tertentu, wilayah geografis, produk dan jasa tertentu, dan dengan kemampuan dari customer yang cukup berpotensi. Dan pada case ini Watsons menjual produk yang berfokus kepada health care dan beauty care yang ditujukan untuk customer tertentu yang berpotensi. Proses bisnis dari Watsons itu sendiri dilayani oleh beberapa pharmacist yang ahli di bidangnya yang dapat membantu dan meyakinkan customer untuk proses transaksi dari Watsons tersebut.

 

Differentiation

Pada strategi ini suatu perusahaan dituntut memiliki karakter atau keunikan yang dapat dibedakan dari pesaing atau pendatang baru. Diferensiasi salah satunya bisa dilihat dari fasilitas layanan yang ditawarkan dan feature-featur pelayanan tambahan. Seperti yang dapat kita lihat pada web resmi Watsons www.watsons.com.sg . Di sini watsons banyak memberikan penawaran-penawaran menarik apabila kita dapat misalkan menjadi member tetap, atau melakukan sejumlah transaksi tertentu. Itu mungkin biasa kita jumpai dalam bisnis. Melakukan yang diinginkan perusahaan, lalu kita mendapatkan reward. Tetapi ada lagi beberapa fasilitas-fasilitas menarik yang dapat kita nikmati contohnya berbagai  informasi tips kecantikan dan kesehatan yang dapat kita unduh, lalu ada ada juga informasi seputar penyakit umum dan sekaligus informasi cara pengobatannya, dan yang lebih menarik lagi tersedia juga kolom diskusi dengan para pharmacist. Sehingga kita bisa konsultasi lewat online. Jenis strategi seperti ini sebetulnya tidak terlalu gencar dilakukan oleh Watsons sebab, para pesaing utama mereka seperti century dan guardian pun merupakan para pesaing yang menggunakan strategi cost leadership. Perusahaan dengan strategi demikan tidak cocok menggunakan strategi differensiasi karena, target pasar mereka adalah para konsumen potensial yang tidak mengutamakan harga sebagai keputusan.

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: